Ahlan Wa Sahlan

Welcome to Abstract World
Ahlan Wa Sahlan !!!! (^_^)//

Jumat, 10 Februari 2012

Sepenggal Episode Tentang Sahabat (1)




Assalamualaikum wr.wb  \(^0^)/
Terlalu cepat ya saia balik? Hehehe... kebetulan kemaren ada yg nagih postingan terbaru saia jadi mosting lagi dah...hayooo siapa yang ngerasa unjukk senyumm hehe... ndaa mau mengecewakan ceritanya kebetulan juga lagi mood nulis. 

Wokeh kali ini saia mau berbagi tentang sepenggal episode kehidupan saia. PD banget kayanya yah mosting ginian yang notabenenya  ‘privasi saia’  yang akhirnya bakal jadi konsumsi publik. Padahal siapa saia? Saia bukan seorang tokoh terkenal, bukan publik figur, apalagi artis... #ya iyalah semuanya juga tau. Nah maksud saia mosting tulisan kaya gini mau berbagi pengalaman... sharing tentang sedikit kehidupan saia... kali aja ada manfaatnya yang bisa dijadikan pelajaran buat antum sekalian #ceileee
 
Dan lagi satu alasan penting... dengan narsisnya saia akan berkata pada dunia #lebay.com bahwa  saia bangga punya sahabat-sahabat yang setia mengisi hari-hari saia. Saya bangga punya sahabat yang selalu menerima saia apa adanya. Saya bangga punya sahabat yang selalu ada di kala suka dan duka. Saia bangga punya sahabat seperti mereka... dan  seperti Anda  :) 

 

=================Anda memasuki sepenggal episode tahun 2002-2004====================

(pejamkan mata Anda... tengok imaginasi Anda... bayangkan sendiri gimana suasana pada awal tahun milenium ini...  nuansa jadul dengan latar hitam-putih #sedikit intermezzooo :D)

Aku adalah salah satu murid di SDN Kandangan Barat 2. Dari kelas 1 mpe kelas 3an aku tidak tertarik untuk belajar dengan sungguh-sungguh. Paling hanya dijejali ilmu tajwid dan bagaimana caranya membaca Iqro hingga Al-Qur’an oleh abah. Yang kutau saat itu hanya main-main-dan-main. Main di komplek sambil bersepeda, main rumah-rumahan-main tali-main benteng-bentengan-petak umpet-kasti-banyak lah pokoknya... yang jelas ga ada main PS-Psan ky anak zaman sekarang. Yah... hampir semua rumah di komplekku pernah kumasuki. Aku begitu mudah berteman dengan siapa saja. Kadang ikut abah mama ke kantor, kadang ikut abah ke lapangan tennis atau ikut mama ke yasinan tetangga... lagi-lagi yang kulakukan hanyalah main dan nebeng makan. Indah... Semua kuanggap sahabat! Hidup tanpa beban! Jangan tanya bagaimana nilai akademik ku saat itu... hehehe. 

Hingga akhirnya Bu Guru memindahkan tempat dudukku. Aku duduk dengan sang juara kelas waktu itu. Namanya Muhammad... hmmm~ nama yang indah.  Dia anak kesayangan Kepala Sekolah, dia Qori, dia alim, dia pinter, dia lucu, dan semua gelar yang baik-baik di borongnya termasuk cakep.  Aku yang biasanya tak memperhatikan pelajaran malah berubah total. Kau tau? Dia telah mengajarkanku banyak hal.  Anak semuda dia telah mengubahku! Yahh... semua juga tau siapa dia... dia anak dengan aura terindah kala itu. Ajaibnya... aku jadi ranking 2 lho...  Perubahan yang signifikan bukan? Sejak saat itu aku akrab dengan teman-teman yang ‘ranking teratas’. Hmmm... kami tetap bermain seperti yang lain, Cuma kadang permainan kami adalah tanya-jawab seputar pelajaran ato gak kami main kuis piramida/kata berkait yang saat itu lagi booming.  Aku pernah beberapa kali ikut cerdas cermat, hingga ikut lomba murid teladan dengannya. Huahh... Is this me??? Hehe. 

Teman-teman di kelasku sampai iseng nulis dipapan tulis. Tulisannya Muhammad cinta aku... gituu.. gimana ga merah mukaku. Langsung saja kukejar-kejar  temen provokator  ku itu sambil membawa penghapus papan tulis berharap menimpuknya. Biasaa anak SD... hehe. Sebenarnya belum ngerti juga sama statement itu.. namanya juga belum puber. Hehhe. Yang aku tau setiap ada yang nulis nama kita dengan tulisan seperti itu maka yang dilakukan adalah ngasih pelajaran sama si provokator biar dia jera.  Anehnya si Muhammad itu biasa-biasa aja...  dia gak ikut nimpuk temenku. Yahh... aku tau... dia memang anak baik. 

Hmm... jadi kangen teman-teman SD... sudah bertahun-tahun tak jumpee. Setelah tamat SD benar-benar ga pernah ketemu lagi :) Dan ada banyak lagi sahabat-sahabatku yang lain...  mau cerita satu figur dulu... yang telah banyak mengubahku. Melalui perantaranya... Tuhan memperlakukan ku dengan lembut... 


=======================sepenggal episode SMP==================================

Aku masuk SMP Darul Hijrah Puteri. PDHP jar buhannya... Banat jar buhan banin... 
Awalnya aku iya-iya aja ditawarin abah masuk ponpes. Namanya juga anak kecil... tau apa soal ginian? Awalnya aku sih nyantae aja. Aku benar-benar bingung. Beginikah pondok? Aku benar-benar tak punya teman dari sekolahku. Hingga akhirnya aku dapat teman sekamar. Mereka anak teman abahku jadi kami langsung akrab deh... sama-sama dari Kandangan... udah gitu sama-sama bingung pula #ngek. Lemari kami berjejer satu sama lain. Kalo tidur juga berjejer. Anaknya manis-manis. Namanya Mahsunah Ariyanti sama Mifti Mufidah, sepupunya. Hmm... Nama yang cantik. Tau kah kawan? Mereka itu keluarganya Bapak rektor di kampusku. Hehe. Kami sudah seperti tiga serangkai. Kemana-mana pasti betiga.

Seiring berjalan waktu, aku mulai ‘say hello’ sama teman sekamar/sekelas yang lain. tak butuh waktu yang lama untuk menjadi akrab. Benar-benar manusia banyak jenisnya. Aku diperkenalkan dengan anak-anak daerah lain dengan wataknya masing-masing. Murid baru kaya kami memang masih beradaptasi. Kadang-kadang aku sok bijak juga nenangin temen yang nangis waktu tadarus di mesjid sebelum magrib. Katanya dia kangen rumah. Ehh ternyata diam-diam aku juga nangis ck ck ck. Biasaaa... namanya juga murid baru/ new student/judadah. 

Hingga akhirnya tiba saat kami menggunakan bahasa resmi. Bahasa Arab n Inggris. Sempat tegang juga apalagi sekarang kamarnya udah di acak. Sekamar ama kaka kelas gitu. Mereka dengan ke-seniortasan-nya ngajak kami ngomong pake bahasa resmi. Awal-awalnya ya jelaslah kami jadi bungkam. Cuma bisa... “yes sister..../ na’am ukhti...” hahahha. Saia aja kadang pake bahasa isyarat. Hehhe. Tapi lama kelamaan kami jadi terbiasa. Lancar deh ngomongnya walau grammer/nahwu/sorof nya dipertanyakan. Hehehe.
Aku mulai menjadi bagian dari ‘netral guys’. Biasa.... kadang sahabat itu mengelompok. Di pondok ini aku jadi tau... sahabatnya orang kaya sama orang kaya juga, sahabatnya anak bos sama anak bos yang lain juga, yahh... itu kan sahabat... tapi kalo berteman mah sama semuanya kok nothing different.
Kami semua tidur bareng... makan bareng... mandi bareng... hidup bareng... bernafas bareng... semuanya bareng deh. Apalagi waktu  ada event-event tertentu. Terasa banget kekompakannya. Gak muhadharahnya / pidato 3 bahasa, gak pramukanya, gak di kelas, gak di kamar, kental dengan kebersamaan.

Inget banget tuh waktu petama kali diadakan TABAH (Takhayyum Tarbawi Li At-Thholibah) salah satu agenda pramuka. Kami diwajibkan berkemah. Waktu itu aku regu kumis kucing. Lucu juga namanya. Untungnya di regu kami sudah ada temen yang serba bisa... ga morsenya ga semaphorenya... sukur deh. Malam-malam alias waktu bebas (free time) ada agenda ‘siaran’ dari kakanya. Trus kaka panitianya itu jadi announcer, muter lagu, kirim-kirim salam pake pengeras suara. (Waktu itu lagu yang lagi booming “JTL-My lecon” maklum panitianya suka mandarin #sama kaya aku ukhtiiii. Ka Dessy Andrica Sofyan. Bener-bener gelis pisan kaya orang mandarin). Ok balik ke topik>>> nah waktu itu kan jadi banyak yang ngirim atensi.  Aku sudah nyari sudut yang enak di tenda buat tidur. Tiba-tiba temenku yang ditenda heboh sendiri manggil-manggil
X= “fizah... dengari atensinya buat ente”
Me= “hahh?” #muka tanpa ekspresi sambil ngucek-ngucek mata.
aku fokus mendengar suara kaka announcernya
Kaka announcer: “ini ada atensi darinya bla bla bla buat fizah... selamat ya fizah udah jadi juara kelas 1A...bla bla bla... request ka lagu bla bla bla ”
Sontak seisi tenda memandangku trus teriak berjamah “cieeeee fizahhhhhhhhhhhhhhhhh~ congratulatiooooooonnn”  #cipok2. Maaf sedikit lebay. Hihihi. Kontan dah ga jadi ngantuk.
Me= “antunnaa nihhhh..........(gaya manja)  alhamdulillah yah... syukran syukran" #pipi merah.

Ngggg.... selain itu yang tak terlupakan adalah jerit malam. Aku bener-bener takut... banyak-banyak dzikir aja tuh jadinya.  Saat-saat wide-game juga tak terlupakan. Guling-guling ga jelas di lumpur... bercebur di air irigasi #padahal aku mah ga bisa berenang. Untung kemaren ga megap2. Trus macam2 dah gamenya dari satu pos ke pos yang lain. Cuapee... but really fun !!!!

Nah lho... itu baru satu agenda... tahun pertama pula... hmm... saat-saat terkompak kami juga terlihat ketika ada acara panggung gembira. Semuanya berumbuk, berunding mau nampilin apa... kalian tau? Kami salah satu angkatan dengan penampilan terbaik yang ditunggu-tunggu. Hihihihi #bangga. 

Saat Kelas 3 kami mulai nakal... biasa lah... sering dihukum... banyak yang masuk mahkamah. Terjadi beberapa konflik... tapi kami tetap merasakan kebersamaan kok. Hehehe. Pernah tuh lagi boomingnya maen catur. Kami sampe begadang di kamar masing-masing. Aku aja sempat tuh ngelawan salah satu ustadz buat maen catur di depan kantor. Rasanya aku yang menang... hihi #bangga. (lho? kok jadi membahas catur)

Kalo tiba malam, kami belajar ke luar kamar... kami menghambur ke lapangan ato di bawah lampu yang ada bangkunya... ato sekedar ke cafetaria buat makan... ada yang menggelar karpet di tengah lapangan sambil ngemil dan belajar terus menatap bintang... ato malah ada yang masih di mesjid dengan mukenanya sambil belajar... ato malah ada yang Cuma ngumpul-ngumpul becanda doang. Hmmm kalo tempat favorit kami di dekat lampu jalanan... di sana ada bangkunya... nah kami sering ngumpul, ada yang sambil ngafal mahfudzot buat disetor ato ngafal tafsir...ato beajar fisika, belajar matematika, bahkan ada yang Cuma ngemil sambil sesekali mengganggu teman trus cerita-cerita gak jelas soal pondok, gosip ada ustadzah baru... gosip pasokan air bakal menipis... gosip OSDA (osisnya anak banat)... gosip ada hantu... gosip seputar kegiatan pramuka, muhadaroh, planning buat esok... planning masa depan... dan konyolnya malah ada yang berbagi cerita soal conan, doraemon, ninja hatori, sakura, dan anime-anime yang lain. Tak ketinggalan saling nasehat-menasehati. Gado-gado pokoknya.  

Saat  aku sakit... mereka dengan penuh perhatian mengurusku. Ngasih makan... ngasih obat... sekedar memijiti... ato malah nelponin ortuku dan ngurusin perizinan ku buat pulang. That really so sweet. Selain itu juga ummun ghurfah ga ketinggalan... sebagai ‘anaknya’ tentulah aku diperhatikan. Ummun ghurfah memang perhatian.  Jujur... mengingatnya saja membuatku terharu.
Yahh namanya pondok pasti ada suka dukanya... tentang gimana ngantuknya bangun jam 4 pagi Cuma mau ngantri mandi, gimana capeknya lari-lari ke mesjid sebelum bel kedua berbunyi, gimana pertengkaran-pertengkaran kecil kadang terjadi, saking capeknya sampai ketiduran di kelas bahkan di  mesjid , gimana rasanya kena hukuman dari mahkamah, gimana rasanya disuruh scot jump sebelum masuk mesjid, segudang pengalaman mistis, menggosop dan di gosop... (astagfirullah...khilaf kalo soal ini Ya Allah... afwan... huhu), trus gimana tegangnya pembacaan lemari terbersih dan terkotor. Alhamdulillah aku dua-duanya pernah. Hihihihi.  

Tapi dibalik itu juga banyak unforgottable memory... saat-saat api unggun... indah banget. Waktu HUT Darul Hijrah... kami diangkut ke banin... weehh~ kenapa sii mesti kesana #complain sampe sekarang. Hehehe. Trus gimana terharunya waktu ngedengerin syair abu nawas, sahabat seia sekata, makanan yang bikin badanku berisi... jarang banget makan ikan asin lho... aku malah banyak makan sayur disini. Saat ikut lomba lukis dengan warna alam di unlam bjb, saat ikut bkin proposal di kantor sekolah sampe larut malam bareng ketua kelas dan yang lain, saat-saat sharing bareng tentang problem hidup sampai nyari solusi bersama bahkan saat-saat ngantri pun akan sangat kurindukan.

Dekat dekat UAN... kami rajin solat hajat... malah ada yang bertugas ngebangunin buat tahajjud. Hhmmm... padahal seharusnya bukan Cuma waktu UN kaya gini kan? Hehehe. Kami benar-benar demam belajar saat itu. Terbawa suasana dan target.  Suasana pondok kalo musim exam begitu emang membuat ku senang bukan kepayang. Ga ada muhadaroh ato pramuka... conversation habis solat subuh juga ga ada... mahkamah diliburkan... yatttaaa~ what a wonderfull day! Bagiku belajar di sini sangat menyenangkan... menghafal pelajaran pondok atau umum...  alhamdulillah ingatanku lumayan untuk hal itu. Inget Kata seseorang>> ilmu itu nur/ cahaya. Sedang nur itu tidak akan datang di tempat yang kotor. Tempat yang kotor di sini maksudnya adalah hati :)

Kadang bingung juga... aku merasa seperti terlalu di 'gelas kaca'kan... uhmmm aneh yah istilahnya hehe... dikit-dikit dibilang "mahiroh jiddan bla bla bla" heyy... bukannya kufur nikmat lho... tapi kadang kita bukan hanya dilihat dari akademis... tapi dari hati...berhubung aku ini biasa aja... makanya rada risih... soalnya merasa gak pantes... tapi alhamdulillah... segala puji hanya untuk Allah :)
di-amin-kan saja lahh.... hihihi

Hingga sampailah pengumuman kelulusan kami. Sport jantung membuka surat pengumuman itu... saat di buka alhamdulillah LULUS... aku langsung peluk temenku... kami semua menangis haru... aku benar-benar menangis !!! tersedu-sedu kaya anak kecil... anak kecil dengan suara jelek...

Hmm... jujur... SMP adalah salah satu masa-masa terindahku... tak kan tergantikan...  ini hanyalah penggalan episode yang tak kan pernah habis kuceritakan... karena bercerita saja benar-benar jauh berbeda dari pengalaman itu sendiri.  Ada banyak episode lain yang sebenarnya ingin kuceritakan. Tapi kasian antum... entar malah bosan... hehehehe
sahabat-sahabat SMP ku benar-benar mengajarkanku banyak hal... dari hal sederhana spt masak nasi goreng sampai hal yang abstrak tentang nasehat kehidupan #ceileeh... emang benar kok ^^

O iyaa... ini masih setengahnya lho... pan sahabat SMA dan kuliahku belum kebagian... hehhe.. Insya Allah see yaa next chapter :D

Friendship isn't how you see... but how you feel 
Not how you listen... but how you understand
not how you let go... but how you hold on :)

I will never forget our friendship ...
you all very precious to me,,, you all really my best friend ..
which will never be replaced ...
I love you guys .... I really love you guys ...
although now we're far apart .. but the friendships will remain alive in my heart ...



Sahabat itu... menerima kamu apa adanya...  menjadikanmu lebih baik... ia selalu mendoakanmu...  dan tak akan melupakanmu. Sahabat bukan dilihat dari kuantitas pertemuan kalian... tapi dari kualitas dari pertemuan kalian :D
 
Kilas balik ini bukan berrati terpaku pada masa lalu... tetapi menjadi pelajaran buat ke depan... dan lebih penting.. bersyukur kepada Allah atas kelembutan takdir-Nya... karena Ia telah menganugerahkan kelembutan-Nya melalui  ikatan persaudaraan ini. Benar-benar lembut... :)

terima kasih sahabat :) 


With Love... Fizah  (^o^)/

9 komentar:

  1. ehhh kenalin donk, samaaa si Dessy Andrica Sofyan...gkgkgkgkgk

    hemmm klo ingat pondok, gak ada habisnya, hohoho aplagi ketika jadi bagian dapur...wuidihhh keren, waktu ke pasar nukar sayur, ehhh sekalinya tarungx tahambur di jalan....huahahaha mutiki tarung di tengah jalan.

    BalasHapus
  2. wehh kaka langsung ngelirik yang bening-bening -___-
    nahh add gen fb sidin @Dessy Andrica Suryadi. Uln kd tapi patuh jua... uln masih murid baru sidin sdh jadi OSDA... hehe :D

    wehh... curhat jua nih kesah.a...
    akekekeke bagian dapur kah sekali.a...
    bisa habis jatah orang dimakani #kidding.

    ngg... mutiki terong dijalan...? weeww #ngebayangi sambil ketawa

    BalasHapus
  3. nahh kaa... berita duka... ternyata sidin sudah walimahan... hheee

    BalasHapus
  4. gkgkggk itu kan cuma becandaaaa......ternyata ditanggapin serius...huuuhhhhhh
    ehhh,,,,,,gambar yg trakhir tu maksudnya apa? lilin ditgah tangan tu?

    BalasHapus
  5. hoho... becanda sama serius kd ketahuan pang :D

    maksud.a? hmmm... artikan sorang ja gen... hhhe :)

    BalasHapus
  6. artinya kukunya tangannya tu belum dipotong,,,ayoo potong, bilangin sunat klo motong kuku hari jumat.

    BalasHapus