Ahlan Wa Sahlan

Welcome to Abstract World
Ahlan Wa Sahlan !!!! (^_^)//

Jumat, 26 Oktober 2012

Ayahku... Melukis Pelangi...



assalamualaikum wr.wb...
sebelumnya ane mau ngucapin Ied Adha Mubarak dulu buat atum/ antunna sekalian :)
mohon maaf lahir batin ya, berelaan dunia akhirat. he

ada sesuatu yang 'woww' banget ane alami hari ini #senyum senyum sendiri.
sederhana aja sih sebenarnya tapi gimanaaa gituu #terus gw harus bilang 'wawww' gitu? jangan atuh... mulai dari alif aja, alif, ba, ta, tsa...baru dah ke 'waww' #apa coba :D

gini ceritanya, kan abah ane mau pindahan yah, ke luar kota gitu dah dinas...
nah sebagai anak, niatnya mau bantu-bantu ngepak barang. Tapi ane masih sibuk berkutat ama tugas, dan bingung bin bengong nyari inspirasi kejelasan esai bahasa arab yang ane ikuti. Huhu (tolong doanya ya, biar ga ngecewai dosen n fakultas.  )

Nah lagi asik ngerjakan sesuatu, ane dicolek ade ane, dia nunjukin sebuah buku dengan cover warna ijo muda, cantik dah covernya. Dan ternyata oh ternyata… aiihh… ane kaget bin histeris mandangin tuh buku. Gimana gak kaget, judulnya aja gini “Ketika Ikhwan & Akhwat Jatuh Cinta (Mengungkap Rahasa Cinta di Kalangan Aktivis)” trus gitu ada tulisan kecil di covernya “Jangan Takut Jatuh Cinta”. Nah lhoo… 

Perasaan ane kagak pernah beli buku kaya beginian, kok tiba-tiba maujud gitu lho. Ane buka dalemnya, dan disana ada nama abah ane. Ya! Berarti buku ini teh punya abah… ane jadi penasaran, buku ini buku waktu beliau kuliah atau kapan gitu? 

Ane baca sekilas dengan senyum senyum. abah ane dulu juga ngalamin yang seperti ini kan yah? Ciyee ciyee hihihi. Mulai dah ane ngebayangin, ikhwan yang pegimana yah abah ane waktu ngampus. Paling ganteng pasti. Hihi 

Tapi kan itu Cuma praduga aja, so, ane beranikan diri nanya ma abah, alangkah syok bin kagetnya ane mendengar jawaban beliau. Katanya buku ini buat aneee !!! Oou Emm Gii Oh My God ! Ya Allah….. Kirain emang punya beliau waktu ngampus. Perasaan ane campur aduk ngedengernya. Malu iya, seneng iya, nano nano dah.

Udah deh dengan santaenya beliau ngomong kaya begitu, anenya jadi speechless n malu-malu gak karuan.  Apa maksudnya coba… untuk kali kedua ane dikayaginiiin. Hehe #lebay ahh
Jaa jaa ja diii… bbuu bu ku iinii sagaan uu—ulun kah bah?” sedikit lebay. Hihi
nah pas banar tu bah ai “ ade ane nambahin.
sagan buhan qm bedua pang” ralat sidin. Dalem hati ane ngetawain ade ane.. kena juga dirimu ^^

Jadi kesmpulanya gini…
Ane salut dah sama abah ane ini… subhanAllah banget ane dikasih abah sepengertian beliau. Keren da cara beliau mendidik kami. Contohnya gini Dari awal beliau gak pernah tuh dengan blak-blakan ngelarang ane pacaran atau begimana. Tapi beliau membuat anaknya mengerti… yang mana yang benar, yang mana yang salah. Otomatis kalo udah tau yang salah itu yang mana, kita berusaha untuk menjauhinya kan? Alias tidak melakukannya. Dan lewat buku itu, sebenarnya itu lah cara abah ane ngebilangin ke anaknya hal-hal yang berkaitan dengan virus merah jambu. Yah kenapa dengan buku? Karena abah ane tau, kalau sejak ngampus ane suka baca buku. Dan cara inilah yang efektif yang dilakukan abah ane. Yah walaupun abah ane sibuk,  waktu untuk sharing sharing pun tak menentu, beginilah alternative lainnya… dan ane merasa begitu diperhatikan dan diayomi. Alhamdulillah yah 

Nah… jadi ikhwah sekalian… sebenarnya orang tua kita punya caranya sendiri dalam mendidik anaknya. Caranya unik, kadang kita bingung aja gitu… tapi beliau tau gimana cara memolesnya, yah sebagai anak kita juga harus peka dalam menerjemahkan ‘sinyal-sinyal’ dari orang tua kita. Semoga ane cukup mengerti dan tak salah paham deh. Moga dapat memenuhi harapan beliau-beliau. hee

Melalui buku ini, abah ane pengen ngasih tau… gini lho caranya bergaul dengan lawan jenis, gini lho caranya jika kita terkena demam merah jambu, gini lho cara mengatasinya… gini lho cara menjaga hati buat yang halal…yah maklum aja, usia kaya ane ini kan kasus kaya gini bukan hal yang tabu lagi. Alhamdulillah semua didikan orang tua ane berlandaskan syariat-syariat Islam. Ya ! karena kami Muslim… dan kami ingin berusaha menjadi muslim Kaaffah.
Ya ini salah satu cara abah ane dalam mendidik anak… ane share kya gini kali aja dapat menginspirasi ikhwah fillah sekalian.

Nah bagaimana dengan orang tua ikhwah fillah sekalian? Indah bukan jika anak dan orang tua saling pengertian. Nah entar gilian kita yang jadi orang tua. Katanya anak yang baru lahir itu bagai kertas putih, orang tuanya lah yang melukis sketsa dan warna-warnanya. Dan ikhwah tau, Alhamdulillah orang tua ane melukis pelangi yang indah untuk ane… dan semoga kita nanti juga dapat melukis sesuatu yang indah untuk anak kita… generasi Islam, pengemban amanah dengan misi dakwah…Lillahi Ta’ala. Aamiiin. 

hmmm... sambil liat-liat isi buku, ane mikir... Islam itu indah yah… muslimnya akhlaknya baik-baik, makanannya pun dari yang baik-baik, hubungan muamalahnya juga disediain yang baik-baik, termasuk ini nih, fitrah cinta dua insan juga disediakan jalan yang baik-baik, cara bergaul, adab-adabnya pun demikian. Tidak sembarang nyoba pacaran sana sini… tidak sembarang menaruh hati ama yang belum halal dsb. Semua konsepnya baik. Islam is perfect. Tinggal pelakunya aja lagi. Yang namanya syariat itu ya maslahatnya buat kita juga. Terserah deh mau maslahat apa mafsadat. 

Jadi inget ceramah Guru Bakhiet, kata beliau… Allah SWT Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Dia lebih menyayangi dan mencintai kita melebihi orang tua kita sendiri. Mau tau buktinya? Lihatlah… tidak semua perintah orang tua kita adalah untuk kepentingan kita,  maksudnya terkadang ada kepentingan kemaslahatan pribadi orang tua kita. Ex : kaya orang tua yang nyuruh anaknya nyuci piring (walaupun sebenarnya juga dapet pahala).  Nah kalo Allah SWT beda… DIa memerintahkan kita menaati-Nya bukan untuk kepentingan Dia kok, kita taat atau pun gak, tak akan sedikit pun mempengaruhi kebesaran-Nya. Dia menyuruh kita untuk melaksanakan perintah-Nya sebenarnya untuk kebaikan kita juga… untuk maslahat kita… (padahal kita bisa melakukan ketaatan juga karena rahmat-Nya, dengan rahmat-Nya pula kita diberi balasan kebaikan/ pahala darinya)… SubhanAllah

Dan ikhwah… kebenaran itu tetap kebenaran walaupun ianya minoritas.
Apakah Antum/Antunna akan ikut ‘terjun ke jurang’ jika semua orang terjun ke dalamnya?
Jika Antum/Antunna adalah air yang mengalir mengikuti arus… apakah antum/antunna akan tetap mengikuti arus jikalau arus itu ternyata menuju ke limbah/comberan? Dan kemudian menjadi air yang statis, keruh, diam, dan rusak? 

Ask u’re heart… pernahkah untuk mencoba mendengarkan jeritan hati Anda yang menginginkan kedamaian? #sebagai motivasi ane pribadi
Hmmm… panjang ceritanya kalo kita mengkaji lebih dalem. Hee
Tp ane yakin ikhwah sekalian lebih paham akan hal itu.
Ok, syukran ya udah menyempatkan diri membaca opini informal ane ini #diary apa opini yaks? hihi. Ane harap dapat bermanfaat dan menginspirasi ikhwah sekalian. Afwan kalo ada salah kata namanya juga manusia biasa…  no body is perfect . hehe
mohon kritikannya ya ^_^

Last …
Thanks mom… thanks dad… #make a wish for them
 Allahumma inna nas.aluka ridhoka wal jannah. Aamiiin 


 Jum'at 26 Okt 12
by : sky lover a.k.a mahasiswi perindu Syariah 

3 komentar:

  1. 'ayah'
    sang pelukis embun kecil
    embun yang kini menjelma menjadi hijauan tanah bumi

    BalasHapus
  2. ciyee... skrang jd pujangga ya kak :)

    BalasHapus
  3. ciyee... skrang jd pujangga ya kak :)

    BalasHapus